Minggu, 18 September 2011

Semua Ada Hikmahnya


Mengeluh...sepertinya sudah menjadi hidangan sehari-hari. Kadang kita melakukannya tanpa sadar, bahkan menganggapnya sebagai hal biasa dengan alasan “ini kenyataan, bukan keluhan”. Termasuk yang nulis ini nih... (ngaca)
Yaah...sesuai sekali dengan firman-Nya...
"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir". ( Al- Ma'arij: 19-21)

Tak jarang pula kita menganggap Allah itu ndak adil dengan takdir-Nya. Terus nglihatin orang lain yg KELIHATAN sukses, bahagia, sejahtera, etc. Seakan-akan kita adalah manusia yang paling menderita di dunia, bahkan menangis semalam jadi penyakit akut deh!  Paraaah...
Tentu saja Allah itu Maha Adil, Maha Pengasih lagi Penyayang. Percaya kan... ;)
*katanya penyayang, kok Allah memberikan cobaan, kesedihan ataupun kegagalan???
Nah looh...
Justru cobaan itulah ujian buat ngetest keimanan kita!
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,"Kami telah beriman", sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (Al-Ankabut : 2-3)

Ujian...
Seperti anak sekolah yg selalu dapat ujian di sekolah, kita pun juga diuji sebagai mahasiswa Universitas Kehidupan.
Anak SD tentu akan mendapatkan ujian yg lebih ringan drpd anak SMP, karna ujian yg kita terima berdasarkan tingkatan mana kita berada. Untuk naik ke tingkat yg lebih tinggi, ujiannya pastilah lebih sulit. Tapi ujian tersebut tak kan terasa sulit bila dihadapi oleh manusia yg berkompeten di tingkatan itu. Karena,
"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya" 
(Al-Baqarah:286)

Mulai dari harta yg kurang, yg melimpah, bahkan pujian pun menjadi ujian bagi kita.
Dan kita wajib bangga donk kalo dapat ujian yg cukup menguras pikiran, tenaga, waktu, bahkan perasaan. Karna itu berarti menurut Allah kita mampu menghadapinya.
Semangat dalam menghadapinya demi hasil yg terbaik. Bukan malah mengendorkan semangat serta ikhtiar kita.
"Janganlah  kamu bersikap lemah. dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman." (Ali-Imran : 139)

Udah berdo’a dan usaha semaksimal mungkin, tapi hasilnya kadang juga tak seperti yg diharapkan?
Ingat....ingat...
Allah itu Maha Tahu teman!!!
Yg kita harap mungkin bukanlah yg terbaik bagi kita. Segala yg terjadi itu pasti ada deh hikmahnya, walaupun belum ketemu, tapiii pastiiii adaaa... yakinlah!!!
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."
(Al-Baqarah : 216)

Coba dicari n dipelajari, mesti ada, sekecil apapun itu :)
So, mari deh kita hadapi ujian-ujian yg akan menaikkan tingkatan kita di hadapan-Nya. Tentunya dengan ikhtiar, tawakkal dan sabar... karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan..insya Allah..

Selalu yakin dan percaya bahwa JalanNya adalah yg terindah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan